Fish

Rabu, 20 Februari 2013

Membawakan Acara

Membawakan acara adalah menyampaikan susunan acara kepada peserta atau hadirin yang mengikuti acara. Orang yang membawakan acara disebut juga dengan pembawa acara, MC (Master of Ceremony), atau Host (televisi).Tugas pembawa acara adalah mengendalikan dan memandu acara agar tidak monoton dan menjenuhkan. Pembawa acara sangatlah berperan dalam sukses atau tidaknya sebuah acara.
Macam-macam Acara
Acara menurut bentuknya dibagi menjadi 3:
1)      Acara Formal: Acara yang memiliki aturan baku dan setiap aturannya harus dipatuhi oleh para hadirin atau orang-orang yang datang. Acara ini ditandai dengan adanya susunan acara yang pasti, bahasa yang formal atau resmi, dan hadirin yang datang memakai pakaian yang sesuai dengan acara.
Contoh acara formal:
Upacara bendera, wisuda, upacara pelantikan, seminar, upacara kenegaraan dan sebagainya.
2)      Acara Semi formal: Acara yang aturan didalamnya tidak terlalu resmi, namun bahasa yang dipakai adalah bahasa yang baik dan sopan. Terkadang acara ini memiliki aturan berpakaian tapi terkadang pakaian yang dipakai bebas.
Contoh acara semi formal :
Pentas seni sekolah, acara pemberiaan penghargaan, pergelaran musik, ulang tahun sekolah, peresmian gedung, ulang tahun perusahaan, perayaan H.U.T. R.I., dan lain-lain
3)      Acara Non formal adalah acara yang aturan berbahasa dan berpakaiannya bebas.
Contoh acara:
Ulang Tahun teman, Talk show, reality show, arisan, lomba-lomba, pesta-pesta pribadi, dan acara musik.
Keterampilan yang harus dimiliki pembawa acara:
1.      Faktor estetis dan etika, yaitu penampilan yang luwes, manarik, menawan, dan memperhatikan etika pergaulan berkomunikasi;
2.      Faktor emosi/kontrol emosi, maksudnya terkontrol dalam bicara, tidak diulang-ulang, tidak terlalu cepat, tidak terlalu lambat, dan tidak monoton;
3.      Faktor penguasaan bahasa, yaitu berbicara dengan lugas, mudah dimengerti, bahasa disesuaikan dengan bentuk acaranya resmi atau tidak resmi;
4.      Mengatasi demam panggung, yaitu dengan bersikap rileks dan wajar;
5.      Faktor kualitas suara, maksudnya memperhatikan sikap dan kualitas keluarnya seperti sikap badan, sikap membuka mulut, dan mengatur pernafasan.
Hal-hal yang diperhatikan sebelum membawakan acara:
1.      Sifat acaranya (resmi, semi resmi, tidak resmi);
2.      Memiliki pengetahuan yang cukup tentang acara yang akan dipandu;
3.      Menyiapkan acara yang akan dibawa;
4.      Memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar;
5.      Mempunyai persiapan diri secara mental;
6.      Mengetahui klasifikasi kelas pendidikan peserta yang hadir;
7.      Bersikap familier, ramah, dan akrab dengan hadirin;
8.      Sebaiknya didukung oleh penampilan fisik, pendidikan, dan pakaian yang seimbang.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membawakan  sebuah acara:
1.      menggunakan bahasa yang santun dan komunikatif;
2.      mengucapkan salam, ucapan terima kasih, serta sapaan dengan tepat;
3.      menyampaikan acara sesuai dengan urutan acara dengan benar;
4.      menumbuhkan kesan berkomunikasi dengan hadirin atau peserta; dan
5.      menerapkan intonasi dan artikulasi yang tepat.

Susunan Acara
Seorang pembawa acara seharusnya juga bisa memahami dan membuat naskah acara dengan baik. Berikut ini adalah macam-macam susunan acara yang bisa dipakai pembawa acara untuk kelancaran acara yang akan dibawakan:

Susunan Acara Model Lurus:


SUSUNAN ACARA SANTAPAN ROHANI
SMP Negeri 25 Padang Sumatera Barat
15 FEBRUARI 2013
Di Aula Serbaguna
07.05-07.15     : Pembukaan oleh MC
07.15-07.30     : Pembacaan Ayat Suci Al-Quran
07.30-07.40     : Menyanyikan Lagu Nasyid
07.40-08.10     : Ceramah Agama
08.10-09.30     : Penutup/Doa

 
Contoh Bentuk Membawakan Acara Perpisahan Antar Pelajar.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala sekolah beserta wakil-wakil kepala dan Kepala Tata usaha serta jajarannya.
Yang kami muliakan Bapak dan ibu guru.
Yang saya sayangi teman-teman semuanya.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Rabbul Jalil, karena hanya dengan rahmat, nikmat, dan taufiq serta hidayah-Nyalah kita bisa berkumpul disini. Mudah-mudahan acara kita kali ini mendapat ridha dari Allah S.W.T., amin. Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada nabi akhir zaman, yakni nabi Muhammad S.A.W., keluarga, para sahabat beliau dan semua orang yang mau mengikuti semua ajaran beliau.
Bapak dan ibu guru yang kami muliakan serta siswa dan siswi yang saya sayangi!
Sebelum susunan acara dibacakan, maka hendaklah kita awali bersama dengan membaca surat Al-Fatihah. Ilaa Hadhratin Nabiyyil Musthafaa Muhammadin S.A.W.. Al-Fatihah (baca surat al-fatihah sampai selesai). Semoga dengan membaca surat Al-Fatihah tersebut Allah S.W.T. melancarkan jalannya acara siang hari ini, amin. Selanjutnya untuk menyingkat waktu, susunan acara hari ini akan saya bacakan, diantaranya:
Pertama          : pembukaan, sebagaimana yang telah kita buka bersama.
Kedua             : pembacaan ayat suci Al-quran
Ketiga             : prakata dari ketua panitia
Keempat        : sambutan wakil siswa/siswi yang akan meninggalkan sekolah dan  yang akan ditinggalkan
Kelima            : Ishoma
Keenam          : nasehat dari Bapak Kepala Sekolah
Ketujuh          : Penutup/doa.
Bapak dan Ibu guru serta siswa/siswi yang berbahagia. Acara kedua pembacaan ayat-ayat suci Al-quran oleh saudara Ikhsan dan diterjemahkan oleh saudari Fatimah. Kepada keduanya waktu dan tempat dipersilahkan.
***Pembacaan Ayat Suci Al-quran***
Shadaqallaahul ‘azhiim. Dengan pembacaan ayat suci Al-quran tadi semoga bermanfaat bagi kita umumnya dan bagi pembaca khususnya. Amin. Acara ketiga, prakata panitia penyelenggara acara yang akan disampaikan oleh saudra Farhan. Kepada saudara Farhan dipersilahkan.
***Penyampaian Kata sambutan***
Demikianlah sambutan yang telah disampaikan, semoga ada manfaatnya bagi kita semua, amin.
Bapak dan Ibu guru serta siswa/siswi yang berbahagia. Acara keempat yaitu sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh wakil dari para siswa/siswi yang akan meninggalkan kelas yang akan diwakili oleh saudara Imran. Kepada saudara Imran dipersilahkan.
***Penyampaian Kata Sambutan***
Demikianlah sambutan yang telah disampaikan, semoga ada manfaatnya bagi kita semua, amin. Berikutnya sambutan yang akan disampaikan oleh saudara Syafi wakil dari siswa/siswi yang ditinggalkan. Kepada saudara Syafi dipersilahkan.
***Penyampaian Kata Sambutan***
Demikianlah sambutan yang telah disampaikan, semoga ada manfaatnya bagi kita semua, amin.
Bapak dan Ibu guru serta siswa/siswi yang berbahagia. Acara yang kelima yaitu ishoma. Dalam acara ini akan ditampilkan beberapa atraksi dari para adik-adik kelas yang akan ditinggalkan, diantaranya pencak silat, membaca puisi, dan sebagainya.
Sambil menikmati hidangan marilah kita saksikan pertunjukan tersebut.
***Saat Istirahat Yang Diisi Oleh Beberapa Pertunjukan***
Demikianlah beberapa pertunjukan yang telah kita saksikan bersama, semoga apa yang ditampilkan bisa menghibur kita semua.
Hadirin sekalian!! Memasuki acara yang keenam, yaitu pengarahan dari Kep. Sekolah Bapak Dr. Faisol, M. Pd.. Kepada Bapak Dr. Faisol, M. Pd. waktu dan tempat dipersilahkan.
Pengarahan Dari Kep. Sekolah
Demikianlah pengarahan yang telah disampaikan, semoga bisa kita gunakan sebagai bekal kita untuk menuntut ilmu yang lebih banyak lagi. Kepada Bapak Dr. Faisol, M. Pd. kita ucapkan terima kasih.
Hadirin sekalian yang dirahmati Allah. Acara demi acara telah kita lalui bersama, maka kini tibalah acara yang ketujuh/terakhir. Sebelum acara ini berakhir, apabila saya selaku pembawa acara ada kata-kata yang kurang berkenan dihati hadirin sekalian, saya mohon maaf yang sebanyak-banyaknya. Kita akhiri dengan Wallaahulmuswaafiq Ilaa Aqwaamith Thaariiq Wassalaamu’alaikum Wr. Wb. Dalam pembacaan doa kami minta dengan hormat kepada Bapak Muslim/Mudin untuk membacakannya.

*Dikutip dan disarikan dari berbagai sumber

1 komentar: